Native Models, Pengorbit Model Asli Indonesia

Apa arti “kecantikan khas Indonesia”? Ada yang bilang kulit sawo matang, rambut hitam pekat dan mata bulat milik etnis Jawa. Tetapi, Indonesia yang multi-etnis juga beranggotakan perempuan berkulit kuning dan bermata bulan sabit. Belum lagi, orang Papua yang lebih mirip ras Afrika-Amerika atau perempuan berdarah campur yang terlihat lebih mirip orang Barat ketimbang orang Timur.

Di tengah pencarian identitas kecantikan nasional, agensi Native Models merayakan kemajemukannya. Agensi butik yang tergolong baru ini mempromosikan beragam rupa Indonesia lewat model-model yang mereka orbitkan. Dari kulit sawo matang dan mata bulat hingga kulit kuning dan mata sipit, Native Models memberi tempat untuk berbagai rupa lokal. Syaratnya hanya satu: berkebangsaan Indonesia.

Baru-baru ini, salah satu asuhannya, Laras Sekar, dipinang Ford Models. Ford adalah salah satu agensi model paling bergengsi di dunia. Maret lalu, Laras juga disorot “kitab suci dunia fesyen”, Vogue, karena kontrak eksklusifnya dengan rumah mode Saint Laurent dalam Paris Fashion Week. Laras adalah satu-satunya model asal Indonesia dalam pekan busana akbar tersebut.

Laras adalah kisah sukses pertama Native Models yang mendukung idealisme si agensi. Tetapi lebih dari itu, yang perlu dirayakan adalah kesadaran untuk merangkul perbedaan. Di waktu seperti sekarang, di berbagai industri, kesadaran seperti itu termasuk barang langka.

(keterangan: foto milik Native Models)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s